Selasa, 20 Oktober 2015

C.OPPORTUNITY COST

C.OPPORTUNITY COST
(Marsono,ME)
  Opportunity Cost untuk memilih sesuatu atau aktivitas tertentu adalah nilai dari alternative terbaik yang hilang. Kadang opportunity cost dapat diukur dengan uang, meskipun kita akan lihat bahwa uang hanyalah sebagian dari opportunity cost. Berapa kali Anda pernah mendengar orang mengatakan bahwa dia melakukan sesuatu karena tidak ada alternative lain yang lebih baik? Anda kuliah juga dengan alasan yang sama: kuliah Nampak lebih menarik dibandingkan alternative lainnya.
  Opportunity cost adalah subyektif. Penentuan alternative terbaik sangat tergantung pada individu, dan yang bersangkutan biasanya tidak tahu nilai dari alternative terbaik secara pasti, karena memang alternative lain terbaik sesuatu yang tidak dijalani. Contoh jika Anda melewatkan kesempatan untuk makan bakso dan ngobrol bersama dengan teman pada malam hari, tetapi Anda memilih mengerjakan paper, Anda sebenarnya tidak tahu secara pasti nilai kesempatan yang hilang tersebut.
  Perhitungannya memerlukan waktu dan informasi. Asumsinya orang akan secara rasional memilih alternative lain yang lebih bernilai. Orang biasanya membuat pilihan dengan informasi yang terbatas dan bahkan tidak benar, pilihan yang diambil bisa saja salah, contoh; Anda ikut rekreasi kemudian hujan, menonton film ternyata membosankan, sepatu yang baru dibeli ternyata membuat lecet kaki.
Studi Kasus:
Apakah perguruan tinggi adalah investasi yang menarik bagi Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar