Rabu, 14 Oktober 2015

2. Ilmu Dari Analisis Ekonomi

B.Ilmu Dari Analisis Ekonomi
(Marsono,ME)
Analisis ilmiah digunakan untuk membentuk teori dan model, yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana membuat pilihan ekonomi dan bagaimana ekonomi berlangsung. Teori atau model menjelaskan unsur-unsur utama dari permasalahan yang dijelaskan, sehingga bila kita ingin menganalisisnya, maka kita harus membuat penyederhanaan. Metoda ilmiah dalam ekonomi merupakan proses penelitian ilmiah, yang terdiri empat tahap:
a.Identifikasi pertanyaan dan penentuan variable yang relevan, seperti bagaimana hubungan antara harga Fanta dengan jumlah Fanta yang dibeli. Dalam hal ini variable yang relevan adalah harga dan jumlah, variable inilah yang nantinya menjadi unsure dari teori.
b.Spesifikasi asumsi: merupakan asumsi utama yang digunakan, seperti asumsi hal lain tetap ( bagaimana harga Fanta mempengaruhi jumlah Fanta yang terjual
c.Formulasi hipotesis: teori mengenai hubungan antar variable- variable yang ada. Contohnya; jika harga Fanta naik dan hal lain tetap, maka jumlah Fanta yang terjual akan turun. Teori ini menjadi prediksi terhadap kehidupan nyata.
d.Validitas: suatu teori diuji dengan membandingkan prediksi dengan fakta-fakta . Pengujian akan sampai pada kesimpulan.
Memahami Kurva:
a. Kurva Permintaan
b. Pergeseran Kurva Permintaan
c. Kurva Penawaran
d. Pergeseran Kurva Penawaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar