Rabu, 30 Maret 2016

2. BENTUK PERUSAHAAN


II. BENTUK  PERUSAHAAN
         (Marsono, ME)

a.    Dasar dan Faktor Pemilihan Bentuk
     Atas dasar hak dan kewajiban para pemilik terhadap harta dan utang perusahaan, maka organisasi perusahaan dapat dibedakan kedalam 4 macam bentuk organisasi yaitu:
       1. Perusahaan Perseorangan ( Single Proprietership)
2.    2. Perusahaan Firma dan Perseroan Komanditer (Partner Ship)
3.    3. Perusahaan dengan bentuk Perseroan Terbatas (Corporation)
4.    4. Perusahaan dengan bentuk (Cooperative)
      Pemilihan bentuk perusahaan dipengaruhi oleh beberapa faktor al:
       a. kuran besar kecilnya perusahaan
       b. Jenis Perusahaan
       c. Pembagian laba yang diinginkan oleh pemiliknya
       d. Resiko yang dapat ditanggung
       e. Pembagian pengawasan dan penguasaan
       Pengaruh faktor-faktor tersebut dapat dilihat seperti dibawah ini:
No
Faktor
Perbedaan
Kemungkinan bentuk
1.
Ukuran
a.     Besar
a.    Perseroan terbatas


b.     Kecil
b.    Perseorangan atau Firma
2.
Jenis
a. Pertanian
b. Ekstraktif
c. Industri
d. Lembg. Keuangan
e. Jasa
a. Perseroan terbatas/Firma
b. Perseroan terbatas, Firma atau Perseorangan
c. Perseroan terbatas
Perseroan Terbatas, Firma/Perseorangan
3.
Pembagian Laba
a.     Untuk sendiri
b.     Untuk beberapa orang saja
c.     Untuk orang banyak
a.       Perseorangan
b.      Firma
c.       Perseroan Terbatas atau koperasi
4.
Resiko
a.    Besar, tidak dapat ditanggung sendiri
b.    Kecil, dapat ditanggung sendiri
a.    Perseroan Terbatas atau koperasi
b.    Perseorangan
5.
Pengawasan
/Penguasaan
a.     Tidak ingin orang lain turut campur
b.     Orang lain boleh ikut campur
a.    Perseorangan

b.    Perseroan Terbatas atau Firma atau koperasi

b. Bentuk Perusahaan
1. Perusahaan Perseorangan
Keuntungannya:
1.      Pendiriannya sederhana tidak memerlukan formalitas
2.      Pemusatan pengawasan pada satu orang
3.      Pengelolaannya fleksibel
4.      Ada kebebasan bergerak dan berprakarsa
5.      Dapat mengambil keputusan secara cepat
6.      Mudah mengadakan perubahan
Kelemahannya:
1.         Sulit menambah modal
2.         Kemampuan pemilik terbatas
3.         Tanggung jawab tidak terbatas
4.         Ada ketidakstabilan karena tergantung pada seseorang saja.


2.    Perusahaan Partnership
Bentuk partnership adalah perusahaan yang didirikan dan modalnya dimiliki oleh dua orang atau lebih yang masing-masing bertanggung jawab bersama atas utang perusahaan dengan seluruh harta pribadinya masing-masing.
Bentuk partnership dapat dibedakan ke dalam; Firma dan Persekutuan komanditer. Firma didirikan tanpa pengeluaran surat saham sedangkan Komanditer didirikan dengan pengeluaran surat saham.
Keuntungan Perusahaan Partnership:
a.    Pendirian relative mudah dan sederhana
b.    Modal yang dikumpulkan lebih besar daripada perseorangan
c.    Mempunyai posisi kredit labih besar
d.   Pimpinan perusahaan dapat dibagi sesuai kecakapan masing-masing
e.    Resiko dibagi antara beberapa orang (sharing the risk)
f.     Continuity perusahaan tergantung beberapa orang
Sedangkan kelemahannya:
a. Tanggung jawab yang tidak terbatas antara peserta pemilik, dimana peserta yang satu mengikat peserta yang lain.
b. Jika terjadi disagreement antara pemilik dapat mengakibatkan kehancuran perusahaan

3.    Perusahaan Perseroan terbatas
Adalah perusahaan yang modalnya dibagi-bagi atas saham-saham dengan harga nominal yang sama besarnya dan para pemiliknya bertanggung jawab secara terbatas sampai sejumlah saham yang disetorkan. Secara garis besar PT dibedakan PT. terbuka dan tertutup.
Beberapa kelebihan PT:
a. Terdapat stabilitas perusahaan
b. Adanya tanggung jawab yang terbatas
c. Jumlah saham dapat diperluas dan juga dapat mengeluarkan obligasi
d. Adanya pemisahan harta dan utang perusahaan
e. Ada pemisahan pemilik dan pimpinan perusahaan
Kelemahan PT:
a. Prosedur mendirikan PT lebih sulit daripada bentuk lain
b. Memerlukan keuletan para pendiri
c. Kurang fleksibel untuk mengadakan perubahan karena pimpinan terikat kepada statuta dan rapat anggota
4.    Koperasi
Koperasi adalah persekutuan orang-orang/usaha bersama dalam bidang perekonomian dengan tujuan mencari manfaat bersama diantara para anggotanya. Macam—macam koperasi: koperasi produksi, konsumsi, kredit. Untuk memajukan ekonomi pedesaan dan sebagai perkembangan koperasi di masyarakat telah dibentuk: BUUD, KUD, dsb.

Selasa, 29 Maret 2016

I. PENGANTAR EKONOMI PERUSAHAAN

I.PENGANTAR EKONOMI PERUSAHAAN
            (Marsono,ME)

a.Pengertian Ekonomi Perusahaan
   Ilmu Ekonomi Perusahaan adalah bagian dari Ilmu Ekonomi. Ilmu Ekonomi termasuk didalam kelompok Ilmu-Ilmu Sosial. Ilmu Sosial berhubungan dengan perbuatan manusia sebagai anggota masyarakat. Perbuatan manusia itu mempunyai motivasi yang berbeda satu sama lain, meskipun mungkin perbuatannya itu sendiri sama. Dari sini timbul kesulitan dalam ilmu social, yaitu bahwa jawaban pemecahannya atas sesuatu masalah bersifat kemungkinan (tidak eksak). Jawabannya bersifat alternative/pilihan/relative.
Ilmu Ekonomi Perusahaan adalah bagian dari Ilmu Ekonomi yang khusus mempelajari gejala-gejala dan kenyataan ekonomis didalam perusahaan. Didalam perusahaan sebagai satu unit organisasi terdapat banyak gejala dan kenyataan yang mempunyai banyaknya aspek; ekonomis, politis, sosiologis dsb. Yang menjadi perhatian adalah aspek ekonomisnya, walaupun tidak mustahil bahwa aspek non ekonomis itu mempengaruhi perbuatan manusia pada aspek ekonominya
Gejala-gejala ekonomis didalam perusahaan dapat digolongkan kedalam gejala-gejala produksi, distribusi, permodalan, administrasi, organisasi dan personil. Hal-hal itulah yang menjadi bidang yang dipelajari oleh Ilmu Ekonomi Perusahaan dalam kaitannya dengan perbuatan manusia mencari kemakmuran.
Karena Ilmu Ekonomi Perusahaan merupakan bagian dari Ilmu Ekonomi, maka prinsip yang berlaku didalam Ilmu Ekonomi berlaku juga dalam Ilmu Ekonomi Perusahaan.
b.Pengertian Perusahaan
   Pengertian Perusahaan ada dua aliran yang berbeda yaitu:
1.Membedakan pengertian perusahaan dan badan usaha
Perusahaan adalah tempat dimana faktor-faktor produksi tersebut dipadukan untuk menghasilkan barang dan jasa.
Sedangkan badan usaha adalah suatu organisasi yang mempergunakan faktor produksi berusaha mencari laba.
2.Tidak membedakan pengertian perusahaan dan badan usaha
Tidak membedakan karena baik perusahaan dan badan usaha sama-sama menggunakan faktor produksi untuk mencari laba.
c.Syarat Perusahaan
Syarat perusahaan diantaranya:
1.Bertujuan mencari laba
2.Tujuan mencari laba secara terus-menerus
3.Tujuan mencari laba diusahakan melalui organisasi faktor-faktor produksi
4.Tempat organisasi harus jelas.
d.Organisasi Pemilikan Perusahaan
Perusahaan dilihat dari siapa yang memiliki dan bagaimana mengatur pemilikan itu. Pemilikan menunjukkan hak secara yuridis atas harta, hak untuk memiliki dan hak untuk mengambil dan mengatur harta perusahaan. Dilihat dari kepemilikan perusahaan dapat dipilah kedalam: perusahaan negara, perusahaan swasta, perusahaan campuran, joint ventura.
e.Besar Kecilnya Perusahaan
Ada beberapa kriteria untuk mengukur besar kecilnya perusahaan, misalnya; jumlah modal, jumlah tenaga, jumlah product, jumlah omzet, jumlah nasabah. Dari kriteria tersebut jumlah modal merupakan ukuran yang umum.
f.Keuntungan Perusahaan Besar
Keuntungannya yaitu:
1.Lebih mudah mencari modal tambahan
2.Pembagian kerja lebih maksimal
3.Perbandingan kwantitatif dapat diselenggarakan secara maksimal mendekati ideal
4.Dalam penjualan dan pembelian besar diperoleh potongan harga
5.Memberikan jaminan social yang lebih baik kepada pekerja
6.Dapat memberikan pendapatan yang lebih besar
g.Jenis Perusahaan
Jenis perusahaan yang dimaksud adalah berdasarkan hasil produksinya, maka dapat dipilah sebagai berikut; perusahaan agraris, ekstraktif, industry, perdagangan, jasa, kredit
h.Fungsi Dalam Perusahaan
Fungsi dalam perusahaan diantaranya; fungsi memimpin, teknis, keuangan, komersial, social, administratif.

=============================================================

Selasa, 20 Oktober 2015

C.OPPORTUNITY COST

C.OPPORTUNITY COST
(Marsono,ME)
  Opportunity Cost untuk memilih sesuatu atau aktivitas tertentu adalah nilai dari alternative terbaik yang hilang. Kadang opportunity cost dapat diukur dengan uang, meskipun kita akan lihat bahwa uang hanyalah sebagian dari opportunity cost. Berapa kali Anda pernah mendengar orang mengatakan bahwa dia melakukan sesuatu karena tidak ada alternative lain yang lebih baik? Anda kuliah juga dengan alasan yang sama: kuliah Nampak lebih menarik dibandingkan alternative lainnya.
  Opportunity cost adalah subyektif. Penentuan alternative terbaik sangat tergantung pada individu, dan yang bersangkutan biasanya tidak tahu nilai dari alternative terbaik secara pasti, karena memang alternative lain terbaik sesuatu yang tidak dijalani. Contoh jika Anda melewatkan kesempatan untuk makan bakso dan ngobrol bersama dengan teman pada malam hari, tetapi Anda memilih mengerjakan paper, Anda sebenarnya tidak tahu secara pasti nilai kesempatan yang hilang tersebut.
  Perhitungannya memerlukan waktu dan informasi. Asumsinya orang akan secara rasional memilih alternative lain yang lebih bernilai. Orang biasanya membuat pilihan dengan informasi yang terbatas dan bahkan tidak benar, pilihan yang diambil bisa saja salah, contoh; Anda ikut rekreasi kemudian hujan, menonton film ternyata membosankan, sepatu yang baru dibeli ternyata membuat lecet kaki.
Studi Kasus:
Apakah perguruan tinggi adalah investasi yang menarik bagi Anda?

Rabu, 14 Oktober 2015

2. Ilmu Dari Analisis Ekonomi

B.Ilmu Dari Analisis Ekonomi
(Marsono,ME)
Analisis ilmiah digunakan untuk membentuk teori dan model, yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana membuat pilihan ekonomi dan bagaimana ekonomi berlangsung. Teori atau model menjelaskan unsur-unsur utama dari permasalahan yang dijelaskan, sehingga bila kita ingin menganalisisnya, maka kita harus membuat penyederhanaan. Metoda ilmiah dalam ekonomi merupakan proses penelitian ilmiah, yang terdiri empat tahap:
a.Identifikasi pertanyaan dan penentuan variable yang relevan, seperti bagaimana hubungan antara harga Fanta dengan jumlah Fanta yang dibeli. Dalam hal ini variable yang relevan adalah harga dan jumlah, variable inilah yang nantinya menjadi unsure dari teori.
b.Spesifikasi asumsi: merupakan asumsi utama yang digunakan, seperti asumsi hal lain tetap ( bagaimana harga Fanta mempengaruhi jumlah Fanta yang terjual
c.Formulasi hipotesis: teori mengenai hubungan antar variable- variable yang ada. Contohnya; jika harga Fanta naik dan hal lain tetap, maka jumlah Fanta yang terjual akan turun. Teori ini menjadi prediksi terhadap kehidupan nyata.
d.Validitas: suatu teori diuji dengan membandingkan prediksi dengan fakta-fakta . Pengujian akan sampai pada kesimpulan.
Memahami Kurva:
a. Kurva Permintaan
b. Pergeseran Kurva Permintaan
c. Kurva Penawaran
d. Pergeseran Kurva Penawaran

Selasa, 06 Oktober 2015

1.SENI DAN ILMU ANALISIS EKONOMI

1. SENI DAN ILMU ANALISIS EKONOMI
( MARSONO, ME)
A. Permasalahan Ekonomi Keinginan kita tidak terbatas, ingin memiliki mobil baru, rumah yang indah, makanan yang enak, waktu yang banyak, kehidupan yang nyaman, uang yang banyak, tidur yang nyenyak dan banyak. Siapa yang tidak ingin? Meskipun beberapa keinginan terpenuhi, pasti akan muncul keinginan yang lain. Masalahnya adalah keinginan kita tidak terbatas, sumber daya yang akan dapat memenuhinya sangat terbatas.
Sumber daya dikatakan langka apabila tidak dapat diperoleh secara bebas/jika harganya lebih besar dari nol. Mengingat sumber daya itu langka maka: harus memilih pilihan tertentu saja, pada saat menentukan pilihan akan kehilangan pilihan yang lain.
Ilmu ekonomi mempelajari bagaimana manusia menggunakan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi keinginannya yang tidak terbatas. Mari kita bahas mengenai sumber daya, barang dan jasa, inti dari permasalahan ekonomi.
a. Sumber Daya Sumber daya input digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Barang dan jasa langka karena sumber daya juga langka. Sumber daya dapat kita bagi empat kelompok besar; tenaga kerja, capital, tanah dan kewirausahaan. Pemilik sumber daya tenaga kerja dibayar upah, penggunaan capital dibayar bunga, pemilik tanah dibayar sewa, kewirausahaan dibayar laba. Pemilik sumber daya biasanya dibayar atas waktu pemanfaatan sumber daya. Seperti upah sebesar Rp 10.000 per jam, bunga 2% per bulan, laba Rp 100.000 per tahun.
b. Barang dan Jasa
Sumber daya dikombinasikan untuk menghasilkan barang dan jasa. Seorang petani, traktor, tanah 50 are, bibit, pupuk akan menghasilkan jagung. Seorang musisi, alat music, kursi, gedung, konduktor digabungkan untuk menghsilkan jasa berupa Simponi. Kuliah, film, konser, les piano, potong rambut adalah jasa. Karena sumber daya yang dihasilkan langka atau jumlah yang diinginkan melebihi jumlah yang tersedia, maka kita harus membuat pilihan. Barang dan jasa yang betul-betul bebas bukan merupakan permasalahan ekonomi dan tidak akan muncul harga.
c. Pelaku Ekonomi
Pelaku ekonomi terdiri empat jenis; RTK, RTP, RTN, MLN. Interaksi antara pelaku ekonomi menentukan alokasi daya ekonomi. Pelaku ekonomi menawarkan barang dan barang kepada pasar. Pasar adalah alat yang memungkinkan pembeli dan penjual melakukan pertukaran, pasar menggabungkan pertukaran, permintaan, penawaran untuk menentukan harga dan jumlah.
d. Ilmu Ekonomi Mikro dan Makro Adalah studi tentang perilaku ekonomi anda dan perilaku ekonomi orang lain yang membuat pilihan. Ilmu ekonomi mikro mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan ekonomi secara individual dan cara pilihan dari para pelaku ekonomi dikoordinasikan oleh pasar. Contoh; bagaimana harga dan output ditentuntukan. Ilmu Ekonomi Makro mempelajari perekonomian secara keseluruhan seperti; total produksi, lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi.
e. Kepentingan Pribadi yang Rasional
Asumsi kunci dari ekonomi adalah bahwa masing-masing individu, dalam membuat pilihan, secara rasional memilih alternative yang menurutnya paling disukai. Dengan rasional, ekonom berarti orang mencoba untuk membuat pilihan terbaik berdasarkan informasi yang ada. Secara umum, kepentingan pribadi yang rasional (rational self interest) yang berarti meminimalkan biaya yang diharapkan (expected – cost) dan memaksimalkan manfaat yang diharapkan (expected benefit).
f. Analisis Marginal
Pilihan ekonomi didasarkan pada perbandingan antara expected marginal cost (biaya marginal yang diharapkan) dengan expected marginal benefit ( manfaat marginal yang diharapkan). Pengambilan keputusan rasional jika expected marginal benefit lebih besar dari pada expected marginal cost. ( W.A. McEachern )

Jumat, 27 Maret 2015

2. Financial Market


2. FINANCIAL MARKET
1.   Financial Market adalah tempat dilaksanakan berbagai aktivitas keuangan baik dalam bentuk penjualan surat berharga yang dilakukan oleh pasar modal dan juga penjualan mata uang.
2.   Bentuk – bentuk Financial Market
a.       Capital Market adalah sebuah pasar tempat dana-dana modal seperti ekuitas dan hutang diperdagangkan
b.      Money market adalah pasar internasional untuk pelaku transaksi  yang memperdagangkan  instrument keuangan pemerintah dan perusahaan dalam jangka pendek, seperti sertifikat deposito, dan surat – surat berharga bank sentral.
3.   Kebijaksanaan Pasar Uang
Pembahasan pasar uang tidak bisa mengesampingkan peranan lembaga moneter di suatu Negara yaitu bank sentral. Bentuk pengendalian yang dilakukan bank sentral biasa dikenal instrument kebijakan moneter. Kebijakannya meliputi; kebijakan suku bunga, kebijakan pasar terbuka, penetapan cash ratio.
4.   Inflasi dan Investasi
Inflasi merupakan keadaan yang membahayakan bagi perekonomian suatu Negara mampu menimbulkan pengaruh investasi. Pengaruh inflasi pada investasi, jika inflasi turun maka pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja akan turun begitu juga sebaliknya.
5.   Model  Penentuan Nilai Tukar
The Fei Ming menjelaskan tentang model penentuan nilai tukar:
a.       Traditional theories, ada dua teori:
Ø  Teori purchasing power parity
Teori ini menyatakan bahwa harga barang di suatu Negara harus sama dengan harga barang serupa di Negara lain sesuai dengan tingkat nilai tukar yang berlaku di dua Negara, yang merupakan rata-rata tertimbang dari seluruh produk yang dihasilkan kedua Negara.
Ø  Teori elastisitas
Mengatakan bahwa nilai tukar adalah harga dari valuta asing untuk mempertahankan neraca pembayaran internasional suatu Negara agar tetap berada pada tingkat ekulibrium.


b.      Modern Monetary Theories on Short Term Exchange Rate Volatility
Teori ini memperhatikan adanya peran pasar modal dalam jangka pendek dan peran bursa komoditi dalam jangka panjang terhadap fluktuasi nilai tukar.
c.       Syntesis of traditional and modern monetary views
Menjelaskan bahwa dinamika perubahan yang terjadi di pasar keuangan lebih cepat jika dibandingkan dengan perubahan di pasar barang.
6.   Kebijakasanaan Pasar modal
Kebijaksanaan pasar modal berada dibawah koordinator menteri keuangan dan selanjutnya menunjuk Bapepam – LK sebagai pengawas.
7.   Hubungan Pasar Modal dan Pasar Uang
Membaiknya kinerja pasar modal merupakan barometer bagi sehatnya perekonomian yang akan menimbulkan kegairahan investor untuk berinvestasi. Masuknya investor asing ke pasar modal Indonesia sebagai akibat dari diversifikasi internasional portofolio, sehingga investasi mereka menyebabkan pasar modal Indonesia bergairah. Investor asing mengharapkan return atas investasinya dalam dua hal yaitu saham dan valas.
Kepastian dalam berbisnis menjadi factor utama karena investor sangat menginginkan kepastian. Bahwa system nilai tukar tetap diversifikasi internasional akan memberikan hasil yang lebih baik disbanding system mengambang. Menguatnya rupiah akan memberikan keuntungan dan jika rupiah melemah dan emiten tidak mampu memberikan kompensasi kerugian, maka mereka akan keluar dari bursa.
Harga saham juga akan mempengaruhi nilai tukar dalam bentuk korelasi negative. Bahwa peningkatan yang terus menerus yang terjadi pada harga saham akan membantu terdorongnya mata uang domestic. Disini tindakan investor asing akan membeli mata uang domestic untuk diinvestasikan pada pasar modal.
Secara sederhana dapat dipahami terdapat hubungan yang saling mempengaruhi antara nilai tukar dan harga saham di pasar modal baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.


1. PORTOFOLIO DAN INVESTASI


1.     PORTOFOLIO  DAN  INVESTASI

1.   Pengertian Portofolio
Pengenalan konsep portofolio dalam dunia investasi mengalami proses perubahan yang cepat setiap waktunya. Ada banyak definisi tentang portofolio yang dikemukakan oleh berbagai pakar. Namun dari berbagai definisi dapat kita simpulkan bahwa portofolio adalah sebuah bidang ilmu yang khusus mengkaji tentang bagaimana cara yang dilakukan oleh seorang investor untuk menurunkan resiko dalam berinvestasi seminimal mungkin.
2.   Tujuan Pembentukan Portofolio
Adapun tujuan Pembentukan Portofolio adalah:
a.       Untuk memberikan keuntungan yang maksimum sesuai dengan yang diharapkan
b.      Menciptakan resiko yang minimum
c.       Menciptakan continuity dalam bisnis
3.   Portofolio Efisien
Portofolio efisien adalah portofolio yang berada di dalam kelompok yang layak menawarkan ke para investor ekspektasi return  maksimum atas berbagai level resiko dan juga resiko minimum untuk berbagai level ekspektasi return.
4.   Pengertian  Investasi
Menurut PSAK nomor 13 per 1 Oktober 2004 investasi adalah suatu aktiva yang digunakan perusahaan untuk pertumbuhan kekayaan melalui distribusi hasil investasi seperti bunga, royalty, deviden, dan uang sewa. Disamping pengertian tersebut, juga menjelaskan tentang bebarapa pengertian dari:
a.       Investasi lancar adalah investasi yang dapat segera dicairkan dan dimiliki selama setahun/ kurang
b.      Investasi jangka panjang adalah investasi selain investasi lancar
c.       Investasi property adalah investasi pada tanah/ bangunan yang tidak digunakan
d.      Investasi dagang adalah investasi ditujukan untuk mempermudah/ mempertahankan bisnis/ hubungan perdagangan.
Sehingga investasi dapat didefinisikan sebagai bentuk pengelolaan dana guna memberikan keuntungan dengan cara menempatkan dana tersebut pada alokasi yang diperkirakan akan memberikan tambahan keuntungan.


5.   Tujuan Investasi
Dalam bidang investasi perlu menetapkan tujuan yang hendak dicapai yaitu:
a.       Terciptanya keberlanjutan dalam  investasi
b.      Terciptanya profit yang maksimum
c.       Terciptanya kemakmuran
d.      Turut memberikan andil bagi pembangunan bangsa
6.   Bentuk – bentuk investasi
Dalam aktivitasnya investasi pada umumnya dikenal ada dua bentuk:
a.       Real investment ( tanah, mesin, pabrik)
b.      Financial Investment ( saham dan obligasi)
7.   Tipe – Tipe Investasi
a.       Direct Investment yaitu berinvestasi dengan membeli secara langsung suatu aktiva keuangan yang dapat dilakukan baik melalui perantara atau berbagai cara lainnya. Diantaranya:
1.      Investasi langsung yang tidak dapat diperjuabelikan  seperti  tabungan, deposito
2.      Investasi langsung dapat diperjualbelikan
-          Investasi langsung di pasar uang ( T-bill, deposito yang dapat dinegosiasikan)
-          Investasi langsung di pasar modal:
·         surat-surat berharga pendapatan tetap seperti: (T-bond, federal agency securities, municipal bond, corporate bond, convertible bond)
·         Saham – saham biasa
-          Investasi langsung di pasar turunan (opsi, future contract)
b.      Indirect investment
Adalah investasi dengan tidak terlibat secara langsung atau pembelian aktiva keuangan cukup  hanya dengan memegang dalam bentuk saham atau obligasi saja.
8.   Proses  Investasi
Secara umum proses manajemen investasi meliputi 5 langkah:
a.       Menetapkan sasaran investasi
b.      Membuat kebijakan investasi
c.       Memilih strategi kebijakan investasi
d.      Memilih strategi portofolio
e.       Memilih asset
f.       Mengukur dan mengevaluasi kinerja